Sabtu, 24 Desember 2016

Doa Masuk Rumah Rumi Latin dan Artinya

Doa Masuk Rumah Syaikh ‘Abdul Hamid bin ‘Abdirrahman as-Suhaibani 1. Batasan meminta izin untuk berjumpa ke rumah orang lain adalah setidak sedikit tiga kali saja. Faktor ini berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam: . “Apabila salah seorang di antara anda telah meminta izin tiga kali dan tidak diizinkan maka pulanglah.” [HR. Al-Bukhari no. 6245 dan Muslim no. 2153 (33)] 2. Hendaknya tidak berdiri cocok menghadap di depan pintu ketika meminta izin, faktor ini sebab ada seseorang yang meminta izin terhadap Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian berdiri di depan pintu, maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan kepadanya: .

Doa Masuk Rumah 

“(Harusnya engkau) begini (berdiri tidak di depan pintu) alias begini, sesungguhnya (disyari’atkan) meminta izin (tidak lain untuk menjaga) pandangan mata.” [HR. Abu Dawud no. 5174 dan selainnya] 3. Apabila hendak masuk sebuahrumah, maka katakanlah, “Assalamu’alaikum, bolehkah aku masuk.” Faktor ini sebab seseorang dari Anak cucu ‘Amir meminta Doa Masuk Rumah izin untuk masuk ke rumah Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam di saat beliau berada di rumahnya, ia mengatakan: “Bolehkah saya masuk” Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda terhadap pembantunya: : : .

“Keluarlah dan ajarkanlah terhadap orang itu mengenai tata tutorial meminta izin, katakanlah kepadanya, ‘Ucapkanlah assalamu’alaikum, bolehkah aku masuk’ Orang itu mendengar apa yang disabdakan oleh Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka ia mengucapkan ‘Assalamu’alaikum, bolehkah aku masuk’ Kemudian Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi izin kepadanya dan ia pun semakin masuk.” [HR. Abu Dawud no. 5177, Ahmad III/414 dan tidak hanya keduanya, sanadnya jayyid]

Doa Masuk Rumah dan Artinya 

4. Sangat dianjurkan untuk menggerakkan sandalnya dalam meminta izin ketika mau masuk rumahnya alias berdehem yang dimaksudkan supaya penghuni rumah tidak terkesan dalam kondisi yang tidak mereka inginkan alias dirinya inginkan.[1] ADAB MEMASUKI SUATU TEMPAT (RUMAH) 1. Hendaknya mengucapkan do’a: . “Dengan menyebut Nama Doa Masuk Rumah  Allah kami masuk, dan dengan menyebut Nama Allah kami keluar dan hanya terhadap Rabb kami bertawakkal.” [HR. Abu Dawud no. 5096][2] 2. Memberi salam terhadap penghuninya. Berdasarkan firman Allah: “Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah-rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam terhadap (penghuninya yang berarti memberi salam) terhadap dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari segi Allah, yang diberi berkah lagi baik.” [An-Nuur/24: 61] 3. Mengawali keberadaannya doa setelah adzan di rumah dengan bersiwak,

faktor ini berdasarkan hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam: . “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila masuk ke rumahnya mengawali dengan bersiwak.” [HR. Muslim no. 253 (44)] SETIAP hari kami tentu bakal melalui faktor yang satu ini dong Ya, masuk rumah telah menjadi kebiasaan sehari-hari. Sebab, tidak mungkin kan aktivitas kami hanya ada di luar rumah. Sesibuk apa pun kita, pulang ke rumah telah menjadi faktor yang sangat diperlukan. Di sanalah tempat kami untuk beristirahat dan menenangkan pikiran. Apabila Kamu terbiasa memasuki rumah langsung masuk saja, maka itu adalah sikap yang tidak lebih baik. Dalam Islam, ketika masuk rumah ada adabnya. Yuk, ubah kebiasaan asal masuk kita, dengan melakukan akhlak masuk rumah berikut ini. 1. Doa Masuk Rumah Hendaknya mengetuk pintu sebelum masuk rumah, supaya memberi tanda (isyarat) bagi orang yang berada di dalam rumah. Dan tidak masuk tanpa meminta izin terlebih dahulu alias dengan cara tiba-tiba.

2. Mengucapkan salam ketika bakal memasuki rumah. “Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.” Artinya ialah, “Salam sejahtera, rahmat dan keberkahan Allah semoga tercurah terhadap kamu sekalian. Faktor ini dilakukan sebab sabda Nabi SAW terhadap sahabat Anas RA, “Wahai anakku bila engkau masuk (ke rumah) menemui keluargamu, maka Doa Masuk Rumah ucapkanlah salam, sebab faktor it bakal memberbagi keberkahan terhadap kamu da terhadap keluargamu,” (Shahih al-Jami’, hal. 3652).

Doa Masuk Rumah Baru

3. Berdzikir terhadap Allah SWT ketika hendak memasuki rumah, sebab faktor itu bisa membawa keberkahan dan bisa mengusir syaithan dari rumah dan bakal mendapat berkah dari Allah SWT. 4. Membaca “Bismillahir Rahmaanir Rahiim” Doa Masuk Rumah (Dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang). Sebab ucapan basmallah berarti telah berserah diri terhadap Allah SWT dan telah mengambil keberkahan dengan nama-Nya. 5. Hendaknya ketika memasuki rumah

Membaca doa: “Allahumma Inni As’aluka khairal Maulaj wa khairalmakhraj bismillahi walajnaa wabismillahi kharajnaa wa’alallah rabbinaa Tawakkalna Doa Masuk Rumah (Ya Allah aku memohon kepada-Mu tempat keluar dan tempat masuk yang baik, dengan nama Allah aku keluar dan aku masuk, dan terhadap Allah aku bertawakal (berserah diri),”

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Best Patner

Copyright © 2012. Doa Setelah Sholat - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Blog Bamz